Selling Chain Management
Dasar Selling Chain Management
Selling Chain Management adalah suatu sebuah kerangka aplikasi yang bisa membantu menjual sesuatu lebih baik dan lebih efektif dengan cara membangun hubungan antara fungsi-fungsi penjualan di dalam suatu perusahaan yang biasanya tidak terhubung.
Selling Chain Management terus dikembangkan karena adanya beberapa permasalahan didalam sistem penjualan, yaitu:
· Sukar untuk temukan kebenaran informasi sebab informasi pemasaran tidaklah konsisten, mencetak material pemasaran adalah cara yang kuno, menetapkan harga informasi adalah ketinggalan zaman
· Para sales dibanjiri dengan tugas non-value-added, menghabiskan 30 sampai 50 persen dari waktu mereka pada tugas administrasi
· Arus sistem tidaklah terintegrasi → order yang ada pada sistem akan kembali berulang kali
Selling chain management juga bisa dijelaskan sebagai sub-sistem yang secara langsung berinteraksi dengan pelanggan agar mereka dapat dengan mudah mengadakan akses terhadap produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan, terutama yang berhubungan dengan aktivitas transaksi bisnis.
Selling Chain Management digambarkan sebagai suatu order yang didapat dari strategi yang terintegrasi. Berikut merupakan gambaran dari Selling Chain Management itu sendiri
Kekuatan utama dari Selling Chain Management adalah bahwa Selling Chain Management dapat membuat suatu jalur pemasukan yang baru dimana secara berkesinambungan dapat meningkatkan keefektifan dari jalur perusahaan yang sudah ada.
Evolusi Proses Penjualan
Orientasi Penjual | Orientasi Penjualan |
Penjual keliling (1750-1900) [Permintaan melebihi persediaan] | Negosiasi harga dan/atau barter dengan pelanggan |
Salesman (1900- 1960) [Menuntut persediaan sama; membatasi kompetisi] | High-pressure selling; orientasi ke arah transaksi |
Eksekutif akun; Sales Consultant; Pemasaran Rep.; Sales Engineer (1960-1990) | Membangun hubungan jangka panjang; pemecahan permasalahan; penjualan adaptif |
Mitra Hubungan Value-Added Manager (1990- kini) | Hubungan synergistic dengan para penyalur; jarak real-time ke dalam proses; kebutuhan pelanggan adalah yang tertinggi |
Tujuan dari Selling Chain Management:
· Membuat kemudahan untuk pelanggan
· Menambahkan nilai lebih untuk pelanggan
· Mempermudah untuk memesan berbagai macam produk
· Meningkatkan efektivitas tenaga penjualan
· Mengkoordinir tim penjual
Kekuatan Bisnis Mengendalikan Kebutuhan dari Selling Chain Management
Pertanyaan mengenai bagaimana cara membantu penjual untuk memasarkan produk melalui internet serta ditambah dengan adanya isu-isu yang beredar di pasar seakan mengendalikan ketertarikan akan pengaplikasian selling chain, seperti peningkatan self service order, peningkatan biaya faktor pendukung prapenjualan dan kesalahan pemesanan, perubahan jalur penjualan, peningkatan kerumitan dari suatu produk, dan peningkatan merger dan akuisisi.
Kekuatan Teknologi Mengendalikan Kebutuhan Akan Selling Chain Management
0 komentar:
Posting Komentar